Thursday, September 19, 2019

Move On dari The Fed, Wall Street Dibuka Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Amerika Serikat (AS) dibuka menguat pada Kamis (19/9/2019) menyusul kenaikan harga saham emiten teknologi, menyambut putaran baru negosiasi perang dagang.

Indeks Dow Jones Industrial Average (Dow Jones) menguat 0,16% (50 poin) pada pembukaan pukul 08:30 waktu setempat (20:30 WIB), dan sedikit bertambah menjadi 0,2% (54,2 poin) selang 20 menit kemudian ke 27.201,29. Di sisi lain, indeks S&P 500 tumbuh 0,24% (7,15 poin) ke 3.013,71 sedangkan indeks Nasdaq naik 0,39% (31,73 poin) ke 8.209,05.

Optimisme pasar sedikit pulih menjelang dimulai kembali pertemuan antara pejabat AS dan China pada Kamis. Cerahnya prospek perang dagang antara kedua belah pihak melambungkan saham emiten teknologi AS.

Saham raksasa piranti lunak Microsoft sempat menguat lebih dari 1% setelah mengumumkan rencana pembelian kembali saham senilai US$ 40 miliar dan akan menaikkan dividen kuartalan sebesar 5 sen dolar AS menjadi 51 sen dolar AS per saham.

Tim negosiator AS yang meliputi penasihat ekonomi Gedung Putih Peter Navarro dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin telah menyampaikan optimisme mereka mengenai putaran negosiasi perang dagang kedua negara dengan dua perekonomian terbesar dunia.

Wall Street menguat tipis pada Rabu menyambut pemangkasan suku bunga acuan AS sebesar 25 basis poin (bp) menjadi 1,75%-2%. Namun, The Fed menyebutkan bahwa tidak lantas akan ada pemangkasan suku bunga dalam jangka panjang. Pasalnya, pasar tenaga kerja AS masih kuat dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS masih moderat.

Dalam konferensi pers, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa pihaknya tidak akan ragu memberlakukan serangkaian pemangkasan suku bunga acuan jika kondisi ekonomi memang berantakan. Namun, dia menilai bahwa itu tidak diperlukan saat ini.

"Jika ekonomi memang benar melemah, maka layak jika ada serangkaian pemangkasan suku bunga secara berurutan," tuturnya. "Kami belum melihat itu. Itu bukan yang kami ekspektasikan."

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2Auxjnz
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment