Sunday, September 22, 2019

Jokowi Pamer Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi kembali memamerkan proyek infrastruktur yang nyaris rampung. Kali ini Jokowi memamerkan pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II di akun Instagram dan Facebook-nya.

Ia memulai postingannya dengan pertanyaan kepada warganet, "Pernah menyusuri jalan darat Jakarta ke Bandung atau sebaliknya melalui jalan tol Cikampek hari-hari ini? Macet, bukan?"

Jokowi berharap masyarakat memaklumi bahwa lalu-lintas jalan tol Japek agak terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang dilaksanakan yakni pembangunan Jalan Japek II, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek.

"Japek II adalah jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia. Jalannya membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat," kata Jokowi dalam akun media sosialnya, Minggu (22/9)

Jokowi Pamer Jembatan Terpanjang di IndonesiaFoto: Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II atau Tol Layang Japek (Ist Jasamarga)

Ia bilang bila tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019 dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020. Saat ini, kata Jokowi tahap pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen.

"Hari Senin besok, uji beban menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II," katanya.

Jokowi berharap bila Japek II telah beroperasi, maka kemacetan panjang di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek  akan berkurang jauh.

Jokowi Pamer Jembatan Terpanjang di IndonesiaFoto: Tol Layang Jakarta-Cikampek (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
(hoi/hoi)

from CNBC Indonesia https://ift.tt/30F3hIt
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment