Monday, September 23, 2019

Divestasi Oktober, Bos Vale Temui Jokowi, Apa Hasilnya?

Jakarta, CNBC IndonesiaInduk usahaPT Vale Indonesia Tbk (INCO) di Brasil akhirnya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna membahas proses pelepasan atau divestasi 20% saham perusahaan yang sudah mendekati tenggat pada Oktober mendatang.

Selain itu, pertemuan pada Senin ini (23/9/2019) juga membahas komitmen jangka panjang Grup Vale untuk berinvestasi di Indonesia. Dalam pertemuan itu, Jokowi menerima Eduardo Bartolomeo, President and CEO Vale SA (Brazil), 

Mark Travers, Executive Director Vale Base Metal (Kanada), dan Nico Kanter, President and CEO Vale Indonesia.

"[Bertemu Presiden] membawa mereka [Grup Vale] mau longterm [investasi] untuk di Indonesia. Jadi Grup Vale ingin memberikan beberapa komitmen bahwa mereka mau stay long di Indonesia," kata Nico Kanter kepada wartawan usai pertemuan di Istana Negara, Senin (23/9/2019).


Nico juga sekali lagi menegaskan bahwa komitmen yang dimaksud ialah mengenai investasi secara jangka panjang di Indonesia.

Terkait dengan tenggat divestasi Oktober mendatang, Nico menegaskan bahwa Presiden Jokowi akan membantu untuk mempercepat proses divestasi.

"Oh itu divestasinya. Tadi yang ke Pak Presiden itu yang paling penting investasinya kita akan investasi di Indonesia. Presiden, untuk divestasi, akan membantu untuk mempercepat prosesnya," katanya.


"Jadi belum disebutkan detail bagaimananya, tapi pak presiden dan menterinya bilang akan membantu mempercepat supaya kepastian mengenai divestasi bisa terjadi sehingga investasi kita bisa berjalan lebih cepat," katanya lagi.

Ketika ditanya apakah penawaran divestasi tersebut diprioritaskan ke BUMN, Nico menjelaskan secara pasti belum disebutkan detailnya. "Loh kalau divestasi ini kan selalu begitu [ditawarkan BUMN]. Pastinya belum [detailnya]?"

Foto: CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty

Tak hanya itu, Nico juga belum bisa memberikan kejelasan apakah divestasi akan diserap oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), BUMN pertambangan di Indonesia. "Dengan [tanya] ESDM, pemerintah akan support, itu janji Presiden karena Vale menunjukkan komitmennya."

Soal target Oktober, Nico juga menjelaskan bahwa harapannya segera dipercepat. "Kan dia [presiden] bilang akan dipercepat. Jadi insyaAllah nih doain aja ya.

(tas)

from CNBC Indonesia https://ift.tt/31KhW6p
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment