Wednesday, September 18, 2019

Pesawat Hilang di Papua, Pencarian Terkendala Cuaca Buruk

Jakarta, CNBC Indonesia- Proses pencarian pesawat Twin Otter milik Rimbun Air yang dioperasikan PT Carpediem Aviasi Mandiri terkendala akibat cuaca buruk.

Kepala Basarnas Bagus Puruhito mengatakan operasi SAR pencarian pesawat tersebut telah dilakukan. Namun pesawat yang melakukan pencarian kembali ke bandara karena cuaca buruk.

"Ini sedang kami laksanakan operasi SAR tadi sudah mengudara dan sudah mendarat lagi tapi belum mendapatkan hasil," ujarnya, Rabu (18/9/2019).


Menurutnya, belum ada perkembangan yang signifikan dalam proses pencairan pesawan Rimbun Air. "Belum ada perkembangan, memang cuaca waktu itu lagi kurang bagus, rawan," ujarnya.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyampaikan pesawat DHC6 REG PK-CDC Flight milik PT Carpediem Aviasi Mandiri yang mengalami lost contact pada Rabu (17/9/2019). Pesawat itu berangkat dari Bandar Udara Mozes Kilangin Timika menuju Bandar Udara Ilaga pukul 01.36 utc (dasar patokan waktu sipil untuk seluruh dunia).

Pesawat tersebut mengalami lost contact pada pukul 01.54 utc, yang seharusnya sampai di Ilaga pukul 02.09 utc dengan muatan cargo. Pesawat milik PT Carpediem Aviasi Mandiri itu dipiloti Capt Dasep Sobirin, Flight Officer (FO) Yudra Tutuko, dan EOB, Ujang Suhendar.


Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan Ditjen Perhubungan Udara telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Basarnas, Airnav, Pangkalan Udara (Lanud) Yohanis Kapiyau dan juga operator penerbangan untuk mencari titik lokasi keberadaan dari pesawat tersebut. Polana juga memerintahkan Kepala Kantor Otoritas Udara Wilayah X untuk aktif memonitor perkembangan lebih lanjut.

"Kami berharap pesawat yang mengalami lost contact segera dapat ditemukan dan mengimbau kepada para maskapai penerbangan khususnya yang beroperasi di daerah Papua untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan," tegas Polana dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia.

(dob/dob)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2V6woTJ
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment