Sunday, September 1, 2019

Besok RUPSLB Bank BRI, Adakah Perombakan Direksi?

Jakarta, CNBC IndonesiaPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin 2 September 2019 di kantor pusat BRI, Jakarta, dengan dua agenda yakni evaluasi kinerja semester I-2019 dan perubahan susunan pengurus (komisaris dan direksi).

Agenda RUPLSB yang akan diadakan pukul 14.00 WIB ini dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI), bersama dengan empat BUMN lain yang juga menggelar agenda serupa.

Keempat BUMN itu yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) pada Rabu (28/8) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) pada Kamis 29 Agustus lalu.

Dua BUMN lain yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) juga sudah menggelar RUPSLB pada 30 Agustus lalu.

Sayangnya dalam RUPSLB Bank BTN terjadi gejolak ketika pergantian dirut tidak berjalan baik. Suprajarto, Direktur Utama Bank BRI menolak ditunjuk oleh Kementerian BUMN menggantikan posisi Maryono yang dicopot di kursi nomor satu Bank BTN.


Kamis malam, Suprajarto yang mengadakan konferensi pers menegaskan penunjukkan dirinya tersebut tanpa pembicaraan terlebih dahulu sehingga dirinya pun mengundurkan diri dari posisi Dirut Bank BTN.

Pada Jumat, usai RUPSLB BNI, Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Gatot Trihargo pun angkat suara. Dia mengatakan 

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk sementara menunjuk Sunarso sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BRI setelah kursi Suprajarto kosong.

"Tadi pagi [Jumat] dewan komisaris juga tanya, kan [komisaris] minta supaya ada surat dari kami untuk menunjuk Plt-nya. Pak Sunarso Plt
kan wakil dirut," kata Gatot, di Jakarta Jumat (30/08/2018).

Sejauh ini, posisi pucuk pimpinan Bank BRI dan Bank BTN yang diubah, sementara dirut BNI dan Bank Mandiri tetap. Apakah Sunarso akan dikukuhkan menjadi Dirut Bank BRI, atau adakah calon lain pengganti Suprajarto?

Sebagai informasi, berikut susunan direksi dan komisaris BRI saat ini.


Komisaris
Komisaris Utama/ Komisaris Independen : Andrinof A. Chaniago
Wakil Komisaris Utama : Wahyu Kuncoro
Komisaris Independen : A. Fuad Rahmany
Komisaris Independen : A. Sonny Keraf
Komisaris Independen : Rofikoh Rokhim
Komisaris Independen : Hendrikus Ivo
Komisaris : Nicolaus Teguh Budi
Komisaris : Hadiyanto

Direksi
Plt Direktur Utama : Sunarso
Wakil Direktur Utama : Sunarso
Direktur : Haru Koesmahargyo
Direktur : Mohammad Irfan
Direktur : Sis Apik Wijayanto
Direktur : Priyastomo
Direktur : Indra Utoyo
Direktur : R. Sophia Alizsa
Direktur : Handayani
Direktur : Supari
Direktur : Osbal Saragi
Direktur : Ahmad Solichin


Foto: Infografis/Kepemimpinan Suprajarto/Edward Ricardo
(tas)

from CNBC Indonesia https://ift.tt/32kr29M
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment