Wednesday, November 20, 2019

Heboh Gaji PNS DKI Jakarta yang Capai Rp 20 Juta, Serius?

CNBC Indonesia - Gaji pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyinggung soal pendapatan yang fantastis.

Ternyata, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir mengamini gaji pegawai yang baru diangkat menjadi PNS Golongan III A tembus hingga Rp20 juta. Hal ini terungkap dari wawancara CNN Indonesia dengan Chaidir.

CNN Indonesia mewawancarai seorang CPNS DKI Jakarta. Mirna, bukan nama sebenarnya, ialah seorang CPNS DKI Jakarta yang bertugas di salah satu dinas Pemprov DKI Jakarta. Sebagai seorang CPNS, Mirna menerima gaji yang relatif tidak terlalu besar.


"Karena kami belum 100 persen (PNS) cuma dapat Rp 4,8 juta untuk TKD (tunjangan kinerja daerah) tambah gapok (gaji pokok) Rp 2,1 juta. Jadi sekitar Rp 7 juta kurang beberapa puluh ribu gitu," kata Mirna, Rabu (20/11).

Mirna mengungkapkan meski sebagai CPNS mereka mendapat tugas penuh layaknya pegawai 100 persen. Mirna yang bekerja sebagai staf sub bagian Perencanaan mengatakan tak jarang lembur demi menyelesaikan tugas di kantor.

"Kalau kayak aku benar memang kadang kerja sampai subuh lembur buat mengerjakan anggaran. Dinamika di Jakarta juga cepat sekali jadi harus siap kalau ada perubahan," katanya.

Sementara itu, menurut Mirna, ada pegawai yang gajinya lebih tinggi dari dirinya. Biasanya mereka ditempatkan dengan beban kerja yang lebih kompleks seperti di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) hingga di tempat yang paling teknis.

"Karena ada mereka yang memang harus berhadapan dengan kebakaran, banjir dan bencana alam lainnya mereka harus siap sedia. Atau di tempat kerja yang minim SDM jadi membutuhkan load kerja yang tinggi," jelas Mirna.

Dengan penjelasan di atas, menurut Mirna, wajar jika PNS DKI mendapatkan gaji hingga dua digit. Hal ini diikuti dengan tekanan kerja yang tinggi dan kinerja mereka yang selalu menjadi barometer.

"Dengan tekanan kerja di dalam yang tinggi saya pikir mungkin sesuai. Kelihatannya memang gede, tapi memang sebanding dengan apa yang kita kerjakan di sini," ujarnya.



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2O7ddY1
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment