Sunday, August 18, 2019

SoftBank Pinjam Uang Karyawan US$ 20 M

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan telekomunikasi dan media asal JepangSoftBank berencana meminjam uang ke karyawan hingga US$ 20 miliar.

Langkah ini dilakukan untuk membeli saham guna keperluan pendanaan Vision Fund tahap dua, investasi besar di bidang teknologi yang gencar dilakukan perusahaan beberapa waktu terakhir.

Chief Executive SoftBank Masayoshi Son mengatakan kebutuhan dana mungkin akan lebih dari jumlah tersebut. Namun langkah ini dilakukan agar karyawan bisa lebih bertanggung jawab atas pekerjaan karena turut berinvestasi dalam proyek perusahaan.


Sebagaimana dilansir CNBC International dari Wall Street Journal, pinjaman itu memiliki bunga sekitar 5%. Ini didapat dari sumber dekat di perusahaan tersebut.

Untuk pendanaan Vision, Pemerintah Kazakhstan yang juga menjadi investor diperkirakan akan berkontribusi hingga US$ 3 miliar. Sementara Goldman Sachs, Standard Chartered dan Mitsubishi UFJ Financial Group terindikasi bakal menginvestasikan dana hingga ratusan juta dolar.



SoftBank tengah berdiskusi dengan banyak lembaga dana perusahaan asuransi, termasuk di Taiwan, untuk mendapatkan dana total investasi hingga US$ 30 miliar. Namun sayangnya, belum ada eksekutif SoftBank yang mau berkomentar.

[Gambas:Video CNBC] (sef/sef)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/33KlQNW
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment