Sunday, August 25, 2019

Trump dan Johnson Bertemu Perdana di KTT G7

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson dan Presiden AS, Donald Trump akhirnya bertemu perdana. Dilansir dari BBC, Minggu (25/8/2019) pertemuan berlangsung pada momen sarapan pagi Minggu (25/8)  KTT G7 di Kota Biarritz, Perancis. Trump menjanjikan ada kesepakatan perdagangan besar dari pertemuan itu.

Saat berbicara kepada wartawan di Kota Biarritz, Perancis barat daya, Johnson sebelum pertemuan itu, Johnson sempat mengatakan salah satu prioritasnya untuk KTT adalah terkait keadaan perdagangan global.

"Saya sangat khawatir tentang jalannya, pertumbuhan proteksionisme, tarif yang kita lihat," katanya dikutip dari Reuters.

Perang dagang selama setahun antara Amerika Serikat dan Cina, yang merupakan dua ekonomi terbesar di dunia, telah mengguncang pasar keuangan dan mengguncang ekonomi global. Perselisihan memburuk telah terjadi, tepat sebelum pertemuan puncak antara keduanya dalam rangka pengumuman tarif lebih lanjut.

"Jangan lupa bahwa Inggris berisiko terlibat dalam hal ini," kata Johnson lagi.

Menurutnya, terlepas dari hal-hal lain, ada pihak yang dirugikan soal tarif ini. Dan itu membuat sangat berisiko dan terdampak atas penurunan ekonomi global ini.

"Saya ingin melihat pembukaan perdagangan global, saya ingin melihat tekanan turun dan saya ingin melihat tarif turun," tegasnya.

(hoi/hoi)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/30DQMhe
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment