Monday, August 26, 2019

Percepat Pembangunan DKI, Anies Terbitkan Obligasi Daerah

Jakarta, CNBC Indonesia -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menerbitkan obligasi daerah untuk percepatan pembangunan DKI untuk 10 tahun ke depan.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai konferensi pers pemindahan ibu kota di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Salah satunya [menerbitkan obligasi]. [masuk pendanaan] masuknya ke APBD," kata Anies.

Meski demikian, Anies tak merinci lebih jauh detail rencana tersebut. Namun dia menegaskan bahwa obligasi yang akan diterbitkan pemerintah provinsi DKI Jakarta akan tetap menarik bagi investor.

"Saya belum bisa ngomong. Yang jelas buat investor, Jakarta menarik karena return-nya yang jelas," kata Anies

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan restu untuk kebutuhan investasi percepatan pembangunan Jakarta sebesar Rp 571 triliun dalam 10 tahun ke depan.

Dana itu akan digunakan untuk menyelesaikan masalah di Ibu Kota seperti kemacetan, hingga krisis air bersih. Tak hanya itu, dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Pembangunan yang akan digencarkan antara lain sistem transportasi massal seperti kereta api, LRT, MRT, dan jaringan bus. Pemerintah DKI Jakarta pun akan membangun sistem utilitas di Ibu Kota.

Rencananya, dana jumbo tersebut akan berasal dari kas keuangan pusat maupun daerah, kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dan investasi murni swasta. (dru)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2ZwtV9I
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment