Thursday, August 29, 2019

AS-China Akan Bertemu September, Tanda Perang Dagang Usai?

Jakarta, CNBC Indonesia - Episode baru terus terjadi dalam kisah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Kali ini dalam konferensi pers di depan wartawan, pemerintah China mengindikasikan akan adanya pertemuan antara perwakilan Beijing dengan Washington September nanti.

Sebagaimana dilansir dari Bloomberg, Juru Bicara Menteri Perdagangan China Gao Feng mengatakan kedua belah pihak tengah berdiskusi terkait kunjungan negosiator China ke AS bulan depan. Meski demikian, waktu pasti belum ditentukan dan jadwal belum diagendakan.

"China memiliki cukup banyak cara untuk membalas, tapi pertanyaan yang harus dibahas sekarang bagaimana menghapus tarif baru untuk menghindari eskalasi dari perang dagang. China akan mengirimkan perwakilan diplomatik ke AS untuk masalah ini," katanya sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, Kamis (29/8/2019).


"Meningkatnya eskalasi dari perang dagang tidak akan menguntungkan China, ataupun Amerika, ataupun dunia. Hal penting adalah menciptakan kondisi yang dibutuhkan untuk meneruskan negosiasi," jelasnya lagi.

Namun sayangnya Gao enggan membicarakan lebih lanjut soal ini. China sepertinya ingin merubah strategi dalam perang dagang dengan AS.

AS-China Akan Bertemu September, Tanda Perang Dagang Usai?Foto: Infografis/ Kronologi perang dagang AS-China belum temukan titik terang/Aristya Rahadian Krisabella

AS mengumumkan bakal memberlakukan tarif baru untuk US$300 juta barang China, yang akan mulai diberlakukan September dan Desember. Beijing kemudian membalas dengan hal serupa, menaikkan tarif pada barang-barang asal AS.

Hal ini berujung balasan dari Presiden AS Donald Trump. Melalui twitter, Trump malah kembali menaikkan tarif barang China US$ 250 juta dari sebelumnya 25% menjadi 30% per 1 Oktober nanti, tepat di ultah Republik Rakyat China yang ke-70. Trump bahkan meminta perusahaan AS untuk hengkang dari China.

Sebelumnya dalam Konferensi Tingkat tinggi (KTT) negara G7 di Prancis, Trump sempat berujar akan adanya negosiasi dari kedua belah pihak. Namun sayangnya hal ini dibantah oleh juru bicara pemerintah China.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2ZryuSU
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment