Tuesday, August 27, 2019

Ini 5 Calon Presiden Amerika Serikat Terkaya

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemilihan presiden baru di Amerika Serikat (AS) akan berlangsung di 2020 mendatang. Saat ini sudah ada 25 kandidat yang mendaftarkan diri, termasuk Presiden AS Donald Trump.

Selain latar belakang yang meyakinkan, salah satu aspek yang biasanya menjadi daya tarik untuk diketahui dari seorang kandidat adalah kekayaan yang dimilikinya. Apalagi, orang tersebut akan memimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Mengutip laporang Forbes, berikut lima kandidat dengan kekayaan terbanyak seperti yang dilansir CNBC Indonesia, Selasa (26/8/2019).

DONALD TRUMP

Ini 5 Calon Presiden Terkaya di Amerika SerikatFoto: Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)

Kekayaan bersih: US$ 3,1 miliar
Skor transparansi keuangan: 0/5
Uang yang terkumpul (per Juni 2019): US$ 124 juta

Miliarder yang sedang menjabat sebagai presiden AS untuk periode 2016-2020 ini cukup kaya untuk mendanai seluruh kampanye presidennya sendiri. Namun bukan berarti dia akan melakukannya. Sebab, saat para donor di seluruh negeri berupaya mendukung upaya pencalonannya kembali, Trump justru diketahui tidak menyumbang sepeserpun untuk pencalonannya. Padahal Trump merupakan presiden terkaya dalam sejarah Amerika.

TOM STEYER

Ini 5 Calon Presiden Terkaya di Amerika SerikatFoto: Tom Steyer (AP Photo/Ben Margot)

Kekayaan bersih: US$ 1,6 miliar
Skor transparansi keuangan: 1/5
Uang yang terkumpul: US$ 0

Setelah bertahun-tahun mendukung kandidat lainnya dari Partai Demokrat, hedge funder ini mencoba peruntungannya sendiri sebagai kandidat. Uang tidak akan menjadi masalah dalam pencalonannya. Sebab, Steyer telah mendirikan Farallon Capital pada tahun 1986 dan mengubahnya menjadi salah satu perusahaan hedge fund terbesar di AS.

Namun, pada tahun 2012 ia mengundurkan diri dari memimpin perusahaan untuk fokus pada politik dan menjadi filantropi untuk melindungi lingkungan. Keputusannya itu mengejutkan beberapa orang, mengingat sebelumnya ia telah berinvestasi di industri bahan bakar fosil.

Taipan minyak Harold Hamm, seorang pendukung terkemuka dari Trump, pernah menyebut Steyer sebagai orang paling munafik di dunia. Namun kemudian, Steyer mengatakan berubah pikiran dan menjual kepemilikan di bisnis bahan bakar fosilnya.

JOHN DELANEY

Ini 5 Calon Presiden Terkaya di Amerika SerikatFoto: John Delaney (AP Photo/Charlie Neibergall)

Kekayaan bersih: US$ 200 juta
Skor transparansi keuangan: 2/5
Uang yang terkumpul: US$ 26 juta

Delaney meraup untung di dunia bisnis sebelum menjalani tiga masa jabatan di Kongres. Putra seorang tukang listrik serikat ini meluncurkan HealthCare Financial Partners, pemberi pinjaman untuk bisnis perawatan kesehatan, pada tahun 1993.

Salah satu pendukung utamanya adalah Tom Steyer, yang menginvestasikan US$ 25 juta di hedge fund-nya. Delaney mengambil alih HealthCare Financial Partners publik pada tahun 1996 dan mengantongi US$ 30 juta ketika ia menjualnya tiga tahun kemudian ke Heller Financial, sebelum kemudian dijual lagi ke GE Capital.

Setelahnya, ia mendirikan perusahaan pemberi pinjaman komersial CapitalSource. Pada peluncuran perusahaan itu, ia berhasil mengumpulkan US$ 542 juta. Diketahui, sebanyak US$ 190 juta berasal dari perusahaan Steyer.

MICHAEL BENNET

Ini 5 Calon Presiden Terkaya di Amerika SerikatFoto: Michael Bennet (AP Photo/Charlie Neibergall)

Kekayaan bersih: US$ 15 juta
Skor transparansi keuangan: 2/5
Uang yang terkumpul: US$ 4 juta

Senator Demokrat ini mendapat uang senilai jutaan dolar dari bekerja untuk megadonor Partai Republik Philip Anschutz. Setelah bertugas di Departemen Kehakiman selama pemerintahan Clinton, Bennet meninggalkan Washington pada tahun 1997 untuk bergabung dengan Perusahaan Investasi Anschutz.

Pada saat itu ia berhasil menutup kesepakatan untuk menggabungkan tiga rantai bioskop ke Regal Entertainment Group dan akhirnya bergabung dengan dewan direksi. Saat ini ia memiliki berbagai aset, termasuk kepemilikan di hedge fund dan real estat Colorado.

ELIZABETH WARREN

Ini 5 Calon Presiden Terkaya di Amerika SerikatFoto: Elizabeth Warren (Genna Martin/seattlepi.com via AP)

Kekayaan bersih: US$ 12 juta
Skor transparansi keuangan: 4/5
Uang yang terkumpul: US$ 36 juta

Profesor yang mengajar di universitas Harvard ini memperoleh kekayaan dari mengajar selama bertahun-tahun di salah satu universitas terbaik di dunia itu. Ia juga merupakan seorang penulis dan konsultan. Ia memiliki aset di TIAA dan CREF dengan nilai lebih dari US$ 4 juta.

Salah satu investasi terbaiknya bersama sang suami, Bruce Mann, adalah rumah mereka di Cambridge, Massachusetts, yang dibeli pada 1995 dengan harga US$ 447.000. Sekarang rumah itu bernilai sekitar US$ 3 juta.

(sef/sef)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2Zw4B3K
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment