Saturday, August 3, 2019

Perhatian! WhatsApp dan Instagram Akan Ganti Nama?

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa media sosial, Facebook mengonfirmasi bahwa perusahaan berencana mengubah nama dua aplikasi paling populer mereka yakni Instagram dan WhatsApp, untuk lebih menonjolkan sisi kepemilikan Facebook atas kedua aplikasi tersebut.

Instagram nanti akan dikenal sebagai "Instagram from Facebook" sementara WhatsApp akan menjadi "WhatsApp from Facebook, seperti dilansir Techradar.com.

Upaya rebranding ini mengemuka pada Jumat lalu (2/8/2019) oleh wartawan The Information, dan lalu dikonfirmasi oleh perwakilan Facebook.


"Kami ingin menjadi lebih jelas menonjolkan produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook," kata juru bicara Facebook kepada The Information, dikutip Techradar.com, Sabtu (3/8/2019).

Sumber The Information mengatakan bahwa rencana ini mengemuka sebagai akibat dari langkah regulator antimonopoli di AS yang meneliti perusahaan tersebut.

Dalam catatan CNBC Indonesia, saham Facebook di Bursa Nasdaq AS bahkan sempat terjun bebas 7,5% pada perdagangan Senin (3/6/2019), menyusul laporan The Wall Street Journal (WSJ) bahwa Komisi Perdagangan Federal (FTC) akan memiliki akses untuk menyelidiki dampak praktik bisnis media sosial itu terhadap persaingan digital.

Facebook sebelumnya telah menjadi target investigasi FTC terkait pengelolaan data pengguna. Perusahaan memperkirakan akan dikenai denda hingga US$5 miliar (Rp 71,1 triliun).

Menurut sumber-sumber dari The Information, nama dua aplikasi tersebut akan tetap sama di homescreen (tampilan muka) ponsel dan tablet. Namun nama kedua aplikasi itu akan berubah di App Store untuk orang yang pertama kali mengunduhnya, langkah yang sebelumnya dilakukan oleh anak usahanya yang lain, Oculus. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perangkat virtual reality.

Dalam catatan techradar.com, upaya rebranding ini sebetulnya sempat mengemuka sebelumnya, Seorang blogger bernama Jane Manchun Wong mencuit di Twitter tentang hal itu pada Maret lalu, hanya beberapa bulan setelah dua eksekutif perusahaan mengundurkan diri dengan alasan kurangnya otonomi.

Pada awal Maret lalu, Techcrunch, memberitakan Wakil Presiden WhatsApp Chris Daniel dan Chief Product of Officer Facebook Chris Cox mengundurkan diri dari raksasa media sosial itu. Kabarnya, keduanya keluar dengan alasan adanya perombakan besar di dalam internal Facebook.

(tas)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2KecLoT
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment