Sunday, July 21, 2019

Mau Nyaman Saat MeIahirkan? Ayo Coba Jasa Doula

Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak banyak yang tahu bahwa keberadaan doula sebagai pendamping persalinan sangatlah penting. Namun, jasa unik tersebut kian banyak diminati oleh para ibu hamil.

Bahkan, tidak sedikit calon ibu yang rela merogoh kocek dalam-dalam agar ditemani oleh doula saat melahirkan. Doula adalah asisten pribadi profesional yang bertugas menjaga kenyamanan ibu sampai hari persalinan tiba.

Di Indonesia sendiri tren doula sudah sangat tinggi peminatnya. Untuk itu mereka membatasi setiap client yang ingin memakai jasanya.


"Tren doula di Indonesia sudah lumayan cukup tinggi peminatnya, dilihat dari permintaan client yang cukup waiting list. Tapi sayangnya setiap bulan kami memang membatasi client doula, agar lebih maksimal melakukan pendampingannya," kata Jamilatus Sadiyah yang merupakan seorang Doula kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa ada dua jenis doula, yakni birth doula yang bertugas mendampingi ibu hamil mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan hingga membantu kelahiran si bayi. Kemudian, yang kedua adalah postpartum doula yang tugasnya ialah membantu ibu baru untuk menyesuaikan diri dalam tanggung jawabnya sebagai orangtua.

Doula yang berasal dari bahasa Yunani yakni bermakna pelayan perempuan secara internasional dinaungi oleh DONA, organisasi profesi doula. Untuk mereka yang ingin menjadi doula bisa mengikuti kursus online maupun langsung.

"Seorang doula tidak harus tenaga medis, tapi harus tersertifikasi mengikuti pelatihan," kata dia.


Terkait biaya, dia mengaku bahwa sekitar Rp 4 juta - Rp 4,5 juta. Bagi ibu hamil yang ingin menggunakan jasa doula sebaiknya melakukan hypnobirthing terlebih dahulu untuk persiapan mental.

"Mengikuti kelas persiapan persalinan (hypnobirthing class) sebagai persiapan mental, lalu melakukan contact atau pertemuan langsung untuk mendiskusikan birth plan, rencana persalinan, sehingga doula dan ibu bisa menjadi partner atau pendamping yg mempunyai chemistry," kata dia.

Terlebih dari itu, doula pada dasarnya membantu dan menjadi jembatan untuk suami dan istri agar persalinan berjalan nyaman. Itu karena proses persalinan adalah salah satu momen yang tidak terlupakan dalam hidup, sehingga jika persalinan berjalan nyaman tentunya akan minim trauma.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2ZcQZqZ
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment