Sunday, July 28, 2019

Satu Lagi Nih! Mobil China Bakal Bangun Pabrik di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Di jalan-jalan umum di Jakarta kini mulai nampak berkeliaran taksi biru dengan simbol-simbol kendaraan bertenaga listrik dengan simbol "BYD". Mobil listrik Build Your Dream (BYD) dikabarkan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya. Jika terealisasi, produsen mobil asal China ini akan mengikuti jejak  Wuling dan DongFeng Sokonindo, yang lebih dulu berinvestasi di Indonesia.

"Saya belum tahu BYD seperti apa, tapi mereka mengincar Indonesia sebagai basis produksi," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di arena GIIAS Minggu (28/7) seperti dikutip dari detikcom.

Nangoi mengatakan Indonesia menjadi salah satu wilayah yang paling strategis mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Australia.
 Namun, pihak BYD sendiri belum mengonfirmasi soal pernyataan Nangoi ini, tapi kabar ini sudah santer sejak lama.

"Mobil dari China sangat berpotensi karena mereka melihat opportunity dari Indonesia. Apalagi Indonesia negara yang sangat dekat dengan Australia di mana marketnya 1,2 juta tanpa ada pabrik mobil di Indonesia jadi seharusnya ekspor dari Indonesia sangat menguntungkan, kita lihat saja nanti ya," ungkapnya

Nangoi mengatakan belum mengetahui secara pasti model apa yang bakal diproduksi oleh BYD. Namun seperti yang diketahui, salah satu model yang menjadi andalan seperti yang digunakan oleh taksi listrik Blue Bird.

"Harusnya begitu (mobil listrik), mereka sangat kuat di mobil listrik," katanya.

Apalagi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai program percepatan pengembangan kendaraan listrik akan segera diumumkan oleh Presiden Jokowi. Pemerintah juga menyiapkan fasilitas insentif fiskal seperti keringanan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), dan kesiapan infrastruktur listrik seperti Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) oleh PLN.

(hoi/hoi)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2GuDZ8r
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment