Wednesday, September 18, 2019

Sri Mulyani: APBD Tak Efisien, Cuma Bayar Gaji PNS dan Perdinas

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara kunci pada Kegiatan Orientasi Anggota DPD RI Terpilih Tahun 2019-2024.

Ia bercerita, saat ini masih terjadi inefisiensi belanja di daerah yang harus dicermati DPD. Kebanyakan dana anggaran daerah digunakan untuk membayar gaji pegawai.

"Kami masih melihat adanya inefisiensi belanja daerah. Hal ini ditunjukkan dengan porsi belanja pegawai masih tinggi di dalam APBD hingga 36%," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Sri Mulyani: APBD Tak Efisien, Cuma Bayar Gaji PNS & PerdinasFoto: Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Properti 2019. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Menurut Sri Mulyani, terlihat juga beberapa penggunaan anggaran yang sifatnya bukan untuk investasi seperti belanja barang dan jasa.

"Perjalanan dinas lebih tinggi yakni 13,4%. Dan belanja jasa kantor mencapai 17,5%. Jadi APBD itu lebih dari 75% habis untuk belanja gaji dan operasional sehingga pembangunan daerah masih kurang," kata Sri Mulyani.

(dru/dru)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/30a3IOG
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment