Sunday, October 13, 2019

Wow! Bandara Sentani Papua Bakal Jadi Hub Penerbangan Pasifik

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menyerahkan pengelolaan Bandara Sentani di Jayapura, Papua, kepada PT Angkasa Pura I (persero). Penyerahan ini sekaligus menandai era baru Bandara Sentani.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menyebut banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satu kemungkinan besar yang bisa direalisasikan adalah menjadikan bandara tersebut sebagai pusat persimpangan traffic atau hub penerbangan di kawasan pasifik.

"Saya juga melihat ada potensi lain yaitu untuk penerbangan internasional ke wilayah Pasifik, wilayah atas ya," ungkap Faik usai penandatanganan MoU di Menara Astra, Jakarta, Minggu (13/10/2019).


Dia bilang, lokasi geografis Bandara Sentani sangat strategis untuk membuka rute internasional kawasan pasifik. Beberapa rute internasional yang bisa dibuka, menurutnya seperti destinasi ke New Caledonia dan Australia.

"Kan kalau selama ini harus ke Singapura dulu. Bisa dikembangkan di Papua itu. Jadi mau ke mana-mana enggak usah ke Singapura dulu, langsung ke Sentani kemudian ke wilayah-wilayah lainnya," bebernya.

Meski begitu, secara konkret dia mengaku masih perlu kajian mendalam mengenai rencana tersebut. Yang jelas, pada tahap awal dia akan memperkuat aset dan mempercantik Bandara Sentani.

"Dalam waktu kerja sama pengoperasian selama 30 tahun ini kita akan merencanakan sekitar Rp 1,9 triliun. Jadi pasti wajah bandara Sentani jauh lebih baik. Dari sisi safety (keamanan) juga kita tingkatkan. Jadi seperti standar bandara-bandara AP I lainnya," bebernya.

Saat ini, penumpang di bandara tersebut sekitar 2 juta per tahun. Setelah ini, dia menargetkan ada pertumbuhan 10% di setiap tahun.

"Jadi mudah mudahan bisa tumbuh 10% per tahun. Jadi kalau runway kita bagusin, pesawat besar bisa mendarat, diharapkan terbang bisa lebih banyak lagi," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

from CNBC Indonesia https://ift.tt/2Mc6j2P
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment