Sunday, October 13, 2019

Resmi! Kemenhub Serahkan Pengelolaan 3 Bandara ke BUMN

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan pengelolaan tiga bandara kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Angkasa Pura I (AP I) dan Angkasa Pura II (AP II) ditunjuk mengoperasikan bandara dengan skema kerja sama pemanfaatan (KSP).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menjelaskan, konsesi pengelolaan diteken 30 tahun. AP II mengelola dua bandara, yakni Bandara Fatmawati Bengkulu dan Bandara H.A.S Hanandjoeddin Airport Tanjung Pandan. Sedangkan AP I mengelola Bandara Sentani Jayapura.

"Saya jalankan amanah Presiden (Presiden Joko Widodo) untuk lakukan suatu aktivasi ide bahwa pembangunan infrastruktur harus melibatkan swasta atau BUMN. Hari ini tiga bandara kita kerja sama kan pemanfaatan. Bukan dijual ya," kata Budi Karya usai penandatanganan MoU di Menara Astra, Jakarta, Minggu (13/10/2019).


Nantinya, pengelola mendapat mandat menjalankan roda bisnis kebandarudaraan. Selain itu, pengelola juga diharapkan untuk melakukan langka kreatif demi meningkatkan kualitas bandara.

"AP I dan AP II kita harapkan bisa membangun, merawat bandara ini lebih profesional, untuk logistik, pariwisata, dan kebanggaan bagi daerah," ujar Budi Karya yang juga mantan direktur utama AP II itu.

Menurut dia, pemerintah memang punya keterbatasan terutama pada aspek pendanaan untuk mengelola bandara di sejumlah daerah. Karena itu, dengan serah terima ini, kini pengelolaan tak lagi mengandalkan dana APBN.

"Ke depan kita juga masifkan skema KPBU untuk bandara-bandara lain," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

from CNBC Indonesia https://ift.tt/2VFgekp
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment