Thursday, August 23, 2018

Perhatikan 5 Tata Krama Ini Saat Traveling ke Jepang

3. Tidak meninggalkan tip

Tidak seperti di Indonesia atau negara Barat, orang Jepang tidak suka bila diberi tip. Hal tersebut tidak jarang dianggap sebagai sebuah penghinaan. Oleh karena itu, ketika Anda meninggalkan beberapa lembar atau koin di meja makan restoran, maka pelayan pasti akan mengejar Anda untuk mengembalikan uang tersebut.

4. Tidak menggunakan sepatu di dalam ruangan

Lazimnya kita lihat di televisi atau dorama Jepang, mereka akan meninggalkan sepatunya di luar dan masuk menggunakan sandal yang ada di pintu masuk. Kebiasaan ini tidak hanya berlaku di dalam rumah, tetapi juga di berbagai tempat, seperti tempat ibadah, sekolah, hotel dan berbagai tempat lainnya. Sepatu yang digunakan di luar dianggap tidak bersih sehingga harus diganti ketika memasuki rumah.

5. Makan dengan sumpit

Orang Jepang akan lebih terkesan apabila Anda makan menggunakan sumpit. Namun, perlu diperhatikan, jangan sampai meletakkan sumpit tersebut secara vertikal dalam mangkuk Anda karena kebiasaan tersebut menyerupai ritual di pemakaman. Sebagai gantinya, Anda dapat memegang sumpit tersebut di sebelah piring Anda. Selain itu, hindari pula menggosok-gosokkan sumpit Anda secara bersamaan, karena kebiasaan tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan. (Kiki Novilia)

Simak juga video menarik berikut ini:

Keindahan Alam dan Budaya Flores Barat

Let's block ads! (Why?)



from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2MRRLGZ
Share:

0 Comments:

Post a Comment