Wednesday, August 22, 2018

8 Gunung Berapi Paling Berpotensi Bahaya di Dunia, 2 di Antaranya di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan orang dilaporkan meninggal, ratusan lainnya hilang dan banyak rumah hancur pascaletusan gunung berapi di Hawaii dan Guatemala beberapa bulan lalu.

Para ahli mengatakan, letusan demi letusan dan erupsi demi erupsi dari beberapa gunung berapi di dunia mulai terjadi akhir-akhir ini. Dua gunung tersebut, Gunung Kilauea dan Gunung Fuego, bukanlah gunung berapi paling mematikan di dunia.

Ketika menilai berbahaya atau tidaknya sebuah gunung berapi, para ilmuwan melihat beberapa faktor, antara lain kepadatan penduduk di sekitar gunung, jenis magma yang muncul selama letusan dan sejarah letusan gunung tersebut.

Sebagai contoh, letusan gunung berapi eksplosif di daerah terpencil tidak sama berbahayanya dengan di daerah padat penduduk yang membutuhkan evakuasi massal.

"Konten magma adalah salah satu cara untuk menilai tingkat bahaya dari sebuah gunung berapi," menurut Stanley Mertzman, seorang profesor ilmu geologi dari Franklin & Marshall College di Lancaster, Inggris.

Mertzman menambaahkan, para ahli akan meneliti tingkat silika, senyawa pembentuk batu yang mempengaruhi ketebalan lava dan bentuk keseluruhan gunung berapi, untuk mengetahui seberapa berbahayanya gunung berapi.

Silika cenderung mengkristal di dalam lava, sehingga meningkatkan viskositasnya. Kemudian menciptakan magma tebal yang dapat membuat gunung berapi meletus lebih dahsyat.

"Tingkat bahaya dari sebuah gununng berapi meningkat seiring dengan naiknya konten silika," kata Mertzman yang dikutip dari TIME, Rabu (22/8/2018).

"Semakin tinggi kandungan silikanya, maka semakin besar viskositas. Magma menjadi lebih lengket, lebih tebal, lebih sulit untuk bercampur."

Kenaikan tingkat silika dalam magma juga membuka jalan bagi aliran piroklastik: campuran lava, abu, gas dan batu yang bergerak cepat saat letusan terjadi. Inilah yang dialami oleh Gunung Fuego di Guatemala, di mana sekitar 75 orang dilaporkan tewas.

Tapi sesungguhnya, wilayah yang terdapat gunung berapi paling mematikan di dunia ada di Indonesia, Filipina, Jepang, Italia, Alaska dan Amerika Serikat.

Di bawah ini adalah contoh yang dimaksud, berdasarkan sejarah, kepadatan populasi dan jenis magma.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berkemah di pegunungan Korea Utara kini telah mungkin untuk dilakukan. Sebuah grup untuk pertama kalinya berhasil membangun kemah di pegunungan Korea Utara.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2o1tnoe
Share:

0 Comments:

Post a Comment