Wednesday, August 22, 2018

Jemaah Haji Indonesia Banyak Tersesat Saat Mabit di Mina

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia banyak yang tersesat di area tenda Mina, Arab Saudi. Seperti diketahui, area tenda Mina menjadi tempat untuk menjalankan wajib haji menginap sementara atau mabit.

Jemaah haji yang tersesat tersebut mengaku tidak mengetahui letak pasti tempat tenda mabitnya. Akhmad yang merupakan seorang haji dari Morowali, Sulawesi Tengah mengatakan, terpisah dari rombongan setelah melakukan amalan lempar batu atau jumrah di Jamarat, Mina pukul 02.00 waktu Arab Saudi (WAS).

"Sudah jumrah, tapi di tengah jalan terpisah," ujar Akhmad, seperti dilansir Antara, Rabu (22/8/2018).

Pria yang sudah usia lanjut itu harus menunggu sampai pukul 06.30 WAS atau 4,5 jam agar bisa bertemu dengan petugas haji untuk kemudian diantar sampai tenda tempat rombongannya. 

Jemaah yang berangkat lewat embarkasi Balikpapan itu mengaku bingung dengan lorong-lorong tenda yang jumlahnya ratusan dan memiliki penanda cenderung sama.

Sekitar pukul 07.00 WAS, Akhmad bisa bertemu lagi dengan rombongannya. Artinya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menemukan tenda mabit jemaah terkait.

Hal serupa terjadi pada Yati, perempuan lanjut usia asal Sleman, Yogyakarta. Saat petugas haji melintas di lorong tenda, dia meminta tolong agar diantar sampai tendanya. Dia tersesat di kawasan tenda hanya karena berwudu ke area mabit yang jaraknya hanya sekitar 20 meter.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Penambahan kuota mencapai 52.200 orang, sementara kapasitas tenda khusunya di Mina tidak mengalami penambahan.

Let's block ads! (Why?)



from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2w1rtIG
Share:

0 Comments:

Post a Comment